apa itu VMWARE dan keuntungannya

apa itu VMWARE dan keuntungannyaapa itu VMWARE dan keuntungannya – Sekarang-sekarang ini teknologi Operating Sistem virtual sudah berkembang pesat banyak yang berlomba mengembangkan teknologi virtual ini dan salah satu software yang terkenal adalah Vmware, kenapa sih kok bisa terkenal vmware ?? bayangin aja satu hardware server bisa di install dua atau lebih OS tergantung nanti bagaimana spesifikasi hardwarenya dan satu lagi yang bikin enak software ini gratis lo alias ga bayar alias free tapi ada syaratnya menurut gosip-gosipnya sih vmware gratis cuma untuk tipe motherboard yang single processor jadi untuk yang mau instal Vmware dengan processornya dua mesti beli licensenya dan sudah banyak ko resellernya di indonesia.

Fungsi dan kegunaan VMWARE

banyak sekali fungsi dan kegunaan vmware ini biasanya saya menggunakan untuk mencoba aplikasi, develop atau melakukan percobaan lainnya yang biasanya saya lakukan di OS contohnya pada saat windows 10 sudah keluar biasanya sebelum saya putuskan untuk menginstall OS Windows 10 saya bisa menjajalnya dengan cara menginstall secara virtual dengan Vmware workstation nah dengan cara coba-coba ini saya jadi tidak penasaran sama windows 10 dan jadi tau apa sih fitur-fitur baru yang ada di windows 10.

Selain menggunakan vmware workstation ada juga vmware vsphere yang fungsinya sama tetapi vsphere tidak perlu di jalankan atau di instal di OS karna vsphere sendiri sudah merupakan seperti os jadi kita hanya tinggal menginstal OS yang akan kita gunakan, biasanya vsphere ini digunakan untuk menginstal OS server, karena mudahnya penggunaan dan kompabilitas yang bagus terhadap hardware saya lebih merekomendasikan vsphere ini untuk OS server. Bayangkan pada suatu saat hardware server kita mengalami gangguan seperti Ram nya rusak padahal si server itu sendiri tidak boleh mati karna server itu pada dasarnya digunakan dalam 24 jam dalam seminggu berturut-turut tidak boleh mati atau down, dengan vsphere ini server yang sudah terinstal dapat dengan mudah up atau hidup kembali dalam hitungan menit asal sudah dipersiapkan jika terjadi kendala seperti ini dengan cara membackup imagenya vsphere

vmware

KEUNTUNGAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI VIRTUALISASI

  1. Mengurangi Biaya Investasi Hardware, Investasi hardware dapat ditekan lebih rendah lagi karena virtualisasi hanya menggunakan kapasitas yang sudah ada. Tidak perlu adanya penambahan perangkat komputer, server dan pheriperal secara fisik. Kalaupun ada, penambahan kapasitas harddisk dan memori, itu lebih ditujukan agar mendukung stabilitas kinerja komputer induk, yang jika dihitung secara finansial, masih lebih hemat dibandingkan investasi hardware komputer server baru.
  2. Mudahnya Backup & Recovery. Server-server yang dijalankan didalam sebuah mesin virtual disimpan dalam 1 buah image yang berisi seluruh konfigurasi sistem. Apabila satu saat server tersebut crash, kita tidak perlu repot-repot melakukan instalasi dan konfigurasi ulang. Cukup mengambil salinan image yang sudah disimpan, lalu merestore data hasil backup terakhir dan server berjalan seperti sedia kala. Hemat waktu, tenaga dan sumber daya.
  3. Kemudahan Deployment. Server virtual ini dapat dikloning sebanyak mungkin dan dapat dijalankan pada mesin lain dengan cara mengubah sedikit konfigurasi. Mengurangi beban kerja staff IT dan mempercepat proses implementasi suatu sistem.
  4. Mengurangi Panas berlebih. Berkurangnya jumlah perangkat keras otomatis mengurangi panasnya ruangan server/data center. Ini akan berimbas pada pengurangan biaya pendinginan/AC dan pada akhirnya mengurangi biaya penggunaan listrik .
  5. Mengurangi Biaya Space ruangan. Semakin sedikit jumlah hardware server berarti semakin sedikit pula ruang untuk menyimpan perangkat. Jika server ditempatkan pada suatu co-location server/data center, ini akan berimbas pada pengurangan biaya sewa komputer server.
  6. Kemudahan Maintenance & Pengelolaan. Jumlah komputer server yang lebih sedikit otomatis akan mengurangi waktu dan biaya untuk mengelola. Jumlah komputer server yang lebih sedikit juga berarti akan lebih sedikit jumlah server yang harus ditangani.
  7. Standarisasi Hardware. Virtualisasi melakukan proses emulasi dan enkapsulasi hardware sehingga proses pengenalan dan pemindahan suatu spesifikasi hardware tertentu tidak menjadi masalah yang berarti. Sistem tidak perlu melakukan deteksi ulang hardware sebagaimana kita melakukan instalasi pada sistem/komputer fisik.
  8. Kemudahan Replacement hardware. Proses penggantian dan upgrade spesifikasi server lebih mudah dilakukan. Jika server induk sudah terlalu overload dan spesifikasinya tidak mencukupi lagi, kita bisa dengan mudah melakukan upgrade spesifikasi komputer server atau memindahkan virtual machine ke server lain yang lebih powerful.

KERUGIAN PENGGUNAAN VIRTUALISASI

  1. Satu Pusat Masalah. Virtualisasi bisa diartikan dengan menempatkan semua telur didalam 1 keranjang. Ini artinya jika server induk sedang bermasalah, semua sistem virtual machine didalamnya tidak akan bisa digunakan. Hal ini dapat diantisipasi dengan menyediakan fasilitas backup secara otomatis dan periodik atau dengan menerapkan prinsip fail over/clustering.
  2. Spesifikasi Hardware. Virtualisasi membutuhkan spesifikasi server yang lebih tinggi untuk menjalankan server induk dan mesin virtual didalamnya
  3. Satu Pusat Serangan. Penempatan semua server pada satu komputer akan lebih menjadikannya sebagai target serangan. Jika hacker mampu menerobos masuk kedalam sistem induk, ada kemungkinan ia mampu menyusup kedalam server- server virtual dengan cara menggunakan informasi yang ada pada server induk
1 reply
  1. JudithMTarka
    JudithMTarka says:

    Hiya! Quick question that’s completely off topic.
    Have you any idea how you can make your web site mobile
    friendly? My blog looks weird when viewing from my iphone.
    I’m trying to find a theme or plugin that might be able to fix
    this problem. In case you have any recommendations, please share.
    Thanks!

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *