Spesifikasi-Spesifikasi yang Direkomendasikan untuk Komputer Desain Grafis

Menjadi desainer grafis memang sudah lama jadi impian untuk banyak orang. Hal ini sebenarnya dapat untuk dimengerti karena selain jadi pekerjaan yang menyenangkan, hasil karyanya pun dihargai tinggi. Apalagi jika mengerjakan proyek yang asalnya dari luar negeri.

Namun, menjadi desainer grafis yang bagus tentu dibutuhkan dukungan perangkat komputer yang bagus untuk membuat desain grafis berkelas. Maka dari itu, komputer ataupun laptop untuk desain grafis memerlukan spesifikasi yang sangat spesifik. Untungnya, telah banyak pabrikan yang menyadari kebutuhan tersebut, maka mereka membuat beberapa laptop yang spesifikasinya bisa mendukung para desainer grafis membuat karya terbaiknya.

Nah, bagi Anda yang sedang mencari komputer untuk desain grafis yang terbaik, Anda perlu mengetahui rekomendasi spesifikasi yang harus ada pada komputer. Di sini akan membahas mengenai beberapa rekomendasi spesifikasi komputer desain grafis tersebut. Penasaran? Mari simak!

Spesifikasi yang Direkomendasikan untuk Komputer Desain Grafis

Pilihlah Prosesor dengan 4 Core CPU atau Lebih

spesifikasi komputer desain grafis

Jika pekerjaan Anda adalah seorang desainer grafis yang profesional sehingga memerlukan program seperti Photoshop, Illustrator, CorelDraw maupun pengolah grafis lainnya, maka sebaiknya Anda cari komputer yang CPU-nya berinti empat ataupun lebih.

CPU ini mempunyai fungsi untuk menjadi pusat pikiran dari komputer. Komponen yang satu ini akan bekerjasama komponen yang lainnya (RAM dan VGA) untuk bisa menghasilkan kerja yang baik serta responsive. Jika bisa, semua bagian menggunakan komponen kelas yang tinggi. Walaupun mahal pada awalnya, namun ini untuk investasi Anda ke depannya.

Kartu Grafis yang Kelas Atas

Rekomendasi spesifikasi komputer desain grafis selanjutnya adalah kartu grafis kelas atas. membicarakan mengenai kartu grafis atau VGA, ada cukup banyak yang dapat Anda pilih. Anda bisa menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Kartu grafis mempunyai tugas membantu CPU di dalam mengolah tampilan gambar. Semakin bagus serta besar memorinya, maka akan semakin membuat Anda nyaman dalam memakai program pengolah gambar. Menggerakkan, memberi efek gambar dan mengubahnya akan cepat sekali jika Anda didukung VGA yang punya memori besar.

Minimal RAM 8 GB

Pada sektor RAM, untuk desainer grafis profesional disarankan untuk menggunakan minimal RAM 8 GB untuk spesifikasi komputer yang dianjurkan. Jumlah RAM akan mempengaruhi kecepatan dari kinerja komputer. Pada program olah grafis, biasanya RAM akan mudah untuk penuh. Terlebih, desainer grafis biasanya akan membuka aplikasi lebih dari satu bersamaan. Maka dari itu, usahakan untuk membeli komputer dengan RAM minimal 8 GB. Jika Anda ingin untuk bekerja lebih nyaman lagi, Anda bisa menambah ke RAM 16 GB ataupun 32 GB.

LCD dengan SRGB 100%

spesifikasi komputer desain grafis

Salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan adalah memilih LCD moniter dengan SRGB 100%, karena dengan monitor yang memiliki SRGB 100% pada saat anda mendesign sesuatu nantinya hasil yang anda edit di layar monitor akan mirip pada saat anda mencetak di media lain. Paling tidak kalau berbeda tidak akan berbeda jauh dengan yang di tampilkan di layar. Dan jangan lupa kalau punya dana lebih monitor yang anda punya di kalibrasi agar warna yang dikeluarkan monitor lebih akurat

Memang investasi untuk membeli komputer desain grafis tidak murah. Bahkan daftar di atas belum termasuk perangkat lainnya. Oleh sebab itu, bila Anda sedang mencari komputer untuk desain grafis, Anda bisa untuk berkonsultasi terlebih dulu pada orang yang sudah paham mengenai rekomendasi spesifikasi komputer desain grafis, itu akan sangat membantu.