Sony Alpha 7R V Diluncurkan, Kamera Mirrorless Kecerdasan Buatan Pertama

Sony resmi meluncurkan kamera mirrorless full-frame terbarunya, Sony Alpha 7R V. Kamera ini merupakan penerus Alpha 7R IV yang diluncurkan pada 2019. Sebagai penerus, kamera ini memiliki banyak peningkatan.

Salah satu kamera tersebut dikatakan sebagai kamera Sony pertama dengan kemampuan pengenalan gambar berbasis kecerdasan buatan (AI). Sony Alpha 7R V dilengkapi dengan chip pemrosesan AI khusus yang memungkinkannya mengenali dan membedakan antara objek tertentu seperti hewan, serangga, dan bahkan benda mati seperti mobil.

Kamera Sony Menggunakan AI

Sony Alpha 7R VPemrosesan AI ini membantu meningkatkan kemampuan fokus otomatis di kamera ini. Dengan AI, kamera sony ini dapat mengenali orang berdasarkan pose mereka dan 20 titik pelacakan.

Ini memungkinkan kamera untuk menentukan di mana kepala dan mata subjek berada.

Ini memungkinkan kamera untuk melacak subjek, memastikan fokus otomatis tetap pada subjek yang tepat meskipun subjek bergerak, berpaling, atau menghilang sejenak dari bingkai.

Sony Alpha 7R V juga dilengkapi prosesor gambar baru, BIONX XR. Menggabungkan fitur prosesor gambar baru dan prosesor AI, Sony mengklaim kamera terbaru ini akan menjadi kamera profesional yang tangguh.

Menggabungkan pengenalan gambar berbasis AI dengan prosesor gambar baru, Sony mengklaim perangkat kamera ini dapat menghasilkan gambar beresolusi tinggi dan memiliki ketahanan goncangan yang lebih baik.

Data Teknis Sony Alpha 7R V dilengkapi dengan sensor dengan resolusi 61 megapiksel. Kamera ini juga dilengkapi pelacakan waktu nyata, memotret tanpa suara, dan dapat menangkap 583 gambar RAW (foto mentah) dengan kecepatan tinggi.

kameran ini tidak dirancang khusus untuk video, tetapi kamera dapat merekam video beresolusi 8K pada 24 atau 25 fps hingga 30 menit. Mengingat TV beresolusi 8K masih sangat sedikit, mungkin agak berlebihan untuk mengatakan bahwa Anda dapat merekam video dalam resolusi 8K.

Namun, merekam video dalam resolusi 8K memberi Anda fleksibilitas selama tahap pascaproduksi. Kamera Sony juga dapat merekam gambar 4K dengan kecepatan bingkai dari 30 fps hingga 60 fps.

Dari segi desain dan tampilan, perangkat ini tidak banyak berubah dari Sony Alpha 7R IV. Namun, layar LCD 3,2 inci kini dapat diputar 180 derajat ke depan, yang berguna untuk vlogging. Kamera sony juga dilengkapi layar sentuh dan beberapa penyesuaian tata letak utama.

Slot kartu memori mendukung kartu CFexpress Tipe A atau UHS-II. Harga Kamera Sony terbaru ini akan tersedia secara resmi mulai Desember 2022.

Perangkat ini dibanderol dengan harga US$3.900 yaitu Rp 60,7 juta (kurs Rp 15.582). kamera ini baru akan tersedia di Amerika Utara pada Desember 2022.