Asus Zenbook S13 OLED menawarkan bodi ringan dan prosesor cepat

Asus telah membawa dua laptop baru dengan prosesor AMD ke Indonesia. Salah satunya adalah Zenbook S13 OLED (UM5302).  

Dua hal yang dibanggakan Asus tentang laptop andalan ini adalah prosesornya yang cepat dan sasis yang ringan.  

Asus Zenbook S13

Prosesor yang terpasang di laptop ini adalah 8-core, 16-thread AMD Ryzen 7 6800U dengan boost speed hingga 4,7 GHz.  

Dan prosesor cepat terpasang pada bodi laptop tipis (14,9 mm), dengan berat hanya 1,1 kg. Menurut Riandanu Madi Utomo dari Technical Public Relations Asus Indonesia, bobot bisa menjadi kendala. 

“Masalahnya terkadang saya lupa membawa laptop di dalam tas. Saking ringannya saya tidak tahu kalau laptopnya sudah ada di dalam tas,”.  

Menurut Donnie Brahmandhika, Retail Sales Marketing AMD Indonesia, Ryzen 7 6800U ini tidak hanya cepat tetapi juga hemat energi.  

Asus Zenbook S13

“Menghemat daya bukan berarti mengurangi performa. Tapi sebenarnya AMD bisa membuat prosesor yang lebih cepat dari pendahulunya, namun dengan konsumsi daya yang lebih hemat.” Bisa,” jelas Donnie di acara yang sama.  

Donnie juga menjelaskan bahwa sebenarnya ada dua varian Ryzen 7 6800U yakni dengan Thermal Design Power (TDP) sebesar 15W dan 28W.  

Varian yang digunakan pada Asus Zenbook S13 OLED adalah yang memiliki TDP 15W. “15W digunakan karena Asus fokus pada faktor bentuk – laptop ultra-tipis,” tambahnya.  

Menurut Donnie, prosesor ini bukan hanya soal daya komputasi. Area lain di mana Ryzen 7 6800U unggul adalah kartu grafis terintegrasi yang menggunakan arsitektur RDNA2 yang ditemukan di konsol terbaru.  

Asus Zenbook S13

Bahkan, ia tak segan-segan mengklaim bahwa GPU terintegrasi ini saat ini menjadi yang tercepat di sebuah laptop.  

Spesifikasi lain dari Zenbook S13 OLED adalah layar NanoEdge OLED berukuran 13,3 inci dengan resolusi 2.880 x 1.800 piksel dan kecerahan maksimum 550 nits.  

Layar juga mendukung input sentuh dan memiliki gamut warna 100n DCI-P3 bersertifikat VESA dan Pantone. Oh iya, layarnya juga dilapisi Corning Gorilla Glass.