Android 12 Beta, Fitur Baru dan Kelebihannya

Google resmi merilis sistem operasi (OS) terbaru perangkat ponsel pintar atau smartphone, yaitu Android 12 Beta pada gelaran dengan tajuk Google I/O. Android 12 ini memperkenalkan beberapa fitur, namun yang paling mencuri perhatian adalah bagian performa serta desain. Tapi, karena OS ini masih dalam tahap beta atau juga disebut ujicoba, tidak semua smartphone akan mencicipi sistem terbaru ini. Hanya beberapa ponsel pilihan yang dapat untuk mencoba atau menjajalnya.  

Baca Juga : Scanner Portable bisa di bawa kemana-mana

Nah, sebelum Anda membeli ponsel dengan sistem operasi Android terbaru ini, sebaiknya Anda mengetahui lebih dahulu apa saja fitur-fitur barunya. Dengan begitu, Anda pun bisa sekaligus mengetahui kelebihan dari OS ini. Berikut adalah beberapa fitur Android 12 Beta tersebut: 

Berbagai Fitur Baru Pada Android 12 Beta 


1. Desain Dapat Dipersonalisasi 

Android 12 beta

Sistem operasi terbaru ini dijanjikan akan mempunyai desain yang dapat untuk dipersonalisasi. Dimana artinya, penggunanya dapat untuk mendesain ulang beberapa aspek dan mengubah warna. Ketika Anda sebagai pengguna memilih wallpaper baru, maka dengan otomatis sistem akan tentukan warna yang nantinya akan dominan untuk dipakai pada desain Android 12 ini, mulai dari kunci layar, warna pada jendela notifikasi sampai pada kontrol suara.   

2. Animasi serta Gerakan Fluid yang Lebih 

Android 12 fitur

Fitur Android 12 Beta yang baru selanjutnya adalah animasi serta gerakan pada OS ini disebut oleh Google lebih fluid dan mulus apabila dibandingkan Android versi yang sebelumnya. Berkat adanya OS Android 12 ini, perangkat ponsel akan memberikan respons sentuhan dari pengguna dengan animasi dan gerakan yang halus.  

3. Intuitif  yang Lebih Pada Ruang Notifikasi 

Ruang notifikasi pada bagian layar atas sekarang ini diklaim jadi lebih intuitif. Ketika notifikasi dibuka, maka akan terlihat notifikasi aplikasi, keterangan mengenai apa yang Anda dan pengguna sedang tonton dan dengarkan, sampai menu pengaturan yang cepat dan memungkinkan untuk pengguna dapat melakukan kontrol pengaturan pada OS ini secara langsung.  

Pada menu pengaturan yang cepat tersebut, sekarang terdapat juga opsi Home Control dan Google Pay. Home Control merupakan pusat kontrol yang digunakan untuk mengatur berbagai perangkat lain yang ada di rumah dan terhubung dengan ponsel dari pengguna. Sementara itu, Google Pay mempunyai kaitan dengan pembayaran.  

4. Performa yang Lebih Cepat 

Android 12 oleh pihak Google dijanjikan performanya akan lebih cepat. Performa yang cepat akan membuat transisi atau perpindahan antar aplikasi sampai saat aplikasi dibuka juga akan terasa menjadi lebih cepat dan responsif dibandingkan dengan versi Android yang sebelumnya.  

5. Fitur Privasi yang Baru

Pada Android 12 ini, ada beberapa fitur yang baru dan mempunyai kaitan dengan privasi. Misalnya saja, saat ini Android yang terbaru ini diklaim memberikan transparansi lebih banyak mengenai aplikasi mana saja yang akan akses data. Terdapat dashboard privasi pada Android 12. Dasboard ini menawarkan satu tampilan ke pengaturan izin dari pengguna dan data apa yang tengah diakses, seberapa seringnya, serta oleh aplikasi yang mana. Lewat dashboard ini, pengguna pun dapat dengan mudah untuk mencabut izin aplikasi dengan langsung.  

Nah, itulah berbagai fitur Android 12 Beta yang baru serta kelebihannya. Bagaimana? Tertarik untuk memakai perangkat smartphone dengan OS ini? Semoga bermanfaat!